Minggu, 21 Oktober 2012

Diskusi IMK (Interaksi Manusia Komputer) - Faktor Manusia




1. Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam IMK, jelaskan?
Dasar Teori :

Warna
Adalah hasil dari cahaya yang terbentuk dari hue (corak), intensitas dan saturation (kejenuhan atau jumlah putih pada warna). Orang dengan penglihatan normal mampu membedakan 125 warna yang berbeda. Penggunaan warna yang sesuai, akan mempertinggi efektifitas tampilan grafis tetapi tidak ada standar.



Beberapa aspek dalam penggunaan warna :

1. Aspek Psikologi
�� Hindari penggunaan warna tajam (cyan, biru, merah) secara simultan yg menyebabkan mata menjadi lelah.
�� Pengaturan cahaya didalam ruangan diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah.

2. Aspek Persepsi
�� Warna dapat meningkatkan interaksi jika mengikuti prinsip dasar dari penglihatan manusia.
�� Secara umum latar belakang dengan warna gelap akan memberikan kenampakan yang lebih baik dibanding warna yang lebih cerah
3. Aspek Persepsi
Penggunaan warna bertujuan untuk menarik perhatian atau pengelompokan informasi, sehingga tidak perlu menggunakan warna yang berlebihan.
Dari teori di atas, menurut saya hubungan antara warna dalam IMK, yaitu : 
Warna dalam komputer sangat berguna terutama sebagai perumpamaan karakter suatu desain. Jadi antara interaksi manusia dan komputer dalam warna itu sangat penting karena warna mengandung unsur sifat dari warna itu sendiri.

Saat membuat aplikasi, para desainer harus memahami psikologi warna agar pencampuran warna tidak membuat mata merasa tidak nyaman dan cepat lelah karena mata harus melakukan penyesuaian dengan warna tampilan yang digunakan.Dalam penggunaannya pun kita harus memperhatikan aspek-aspek penggunaan warna.

2. Mengapa manusia begitu penting dalam IMK?
Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.


Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
• Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran i-o (indera)
• Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
• Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara.

Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut.


Contoh : dalam dunia komputer sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau komponen yang ada pada komputer tersebut.

 
3. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat diperlukan untuk mengakomodasi expert frequent user
1.            Ahli dan mengetahui secara detail kegunaan dari fungsi-fungsi software.
2.            Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal.
3.            Membutuhkan respon yang cepat dan tidak memerlukan feedback.
4.            User memerlukan adanya perintah macro.
5.            Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar